Begini Cara Budidaya Ikan Nila Dengan Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Nila Dengan Kolam Terpal

Kita semua tahu bahwa ikan nila merupakan satu dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang hidup di perairan yang luas seperti rawa, saluran air dan danau. Dia dapat hidup dan berkembang biak pada air dengan kadar garam rendah. Jadi sangat efektif memeliharanya di kolam ataupun tambak, juga dengan membuat kolam terpal.


Tertarik untuk bududaya ikan nila? Sebenarnya ikan nila sama sekali tidak sulit untuk dikembangkan dan dapat menjadi usaha yang menjanjikan. Namun, secara tidak terduga itu tidak akan berhasil ya. Karena sapi jantan terkadang perlu mengalami beberapa kekecewaan yang menyedihkan. Sebagai nasihat, Anda hendaknya menyambut rekan atau individu berpengalaman untuk memberikan arahan, tingkat kekecewaan tidak terlalu tinggi.


Cara Budidaya Ikan Nila Dengan Kolam Terpal

Pada artikel kali ini, kami ingin berbagi latihan tentang cara terbaik melakukan indukan ikan nila pada penutup agar hasilnya dapat diterima? Oke sobat, terus fokus pengembangan ikan nila dengan memanfaatkan media terpal yang bisa menjadi motivasi anda untuk berbisnis.


Pembuatan Kolam Terpal

Dapatkan tepi persegi atau bundar yang terbuat dari kayu, besi, atau bambu. Kemudian tambahkan terpal atau Anda dapat membeli casing dan penutup lengkap tersedia. Untuk ukuran telaga mujair dengan batas 500 ekor ikan dengan panjang 2 × 3 meter mampu menghasilkan hasil tangkapan 100 sampai 200 kilogram ikan.

Untuk ukuran telaga mujair dengan batas 1000 ekor ikan yang diperkirakan berukuran 4 × 6 meter dan mampu mengantarkan 300 sampai 400 kilogram ikan.


Lingkungan Ikan Nila

Ikan nila dapat tumbuh pada saat rasa asin 0-35 ppt, bahkan dapat hidup pada suhu asin 31-35 ppt namun dengan perkembangan yang lebih lambat.

Metode paling efektif untuk mengembangkan ikan nila di kolam penutup, pastikan suhu berkisar antara 25 hingga 20 derajat Celcius. Karena, jika suhu di atas 38 derajat Celcius dan di bawah 14 derajat, wilayah ikan akan terganggu.

Nah bagaimana cara membudidayakan ikan nila dengan terpal yang benar buatlah titik membuat telaga di ketinggian 1000 mdpl dengan produksi terbesar 5 ton / ha tiap tahunnya.


Makanan dan Kebiasaan Makan

Kecenderungan ikan nila di alam liar adalah memakan tumbuhan, misalnya sutera hijau tumbuh, hydrillae termutilasi dan ikan kecil bintik tertekan. Jika ikan nila berada di kolam terpal, Anda bisa memberinya pellet yang mengandung 25% protein untuk pertumbuhan yang ideal.

Kecenderungan ikan nila kecil memakan ikan mikroskopis kebun binatang dan yang sekarang besar dapat mengumpulkan makanan dengan memanfaatkan cairan tubuh yang ada di mulutnya, makanan akan mengumpul seperti partikel sehingga tidak keluar tanpa masalah.


Penentuan Bibit Ikan Nila

Untuk hasil yang baik, Anda membutuhkan biji yang dominan. Penentuan benih nila yang baik adalah yang memiliki atribut dinamis, cekatan, tidak cacat, dan ukuran yang sama. Anda bisa membeli langsung di pasar ikan atau pembudidaya ikan nila.


Kebutuhan Air Danau untuk Ikan Nila

Kedalaman danau yang layak untuk perkembangan ikan nila adalah 100 - 120 cm. Air yang digunakan untuk masuk ke dalam danau harus bebas dari mikroorganisme dan menjadi sempurna. PH air yang digunakan adalah 7-8. Terlebih lagi, suhu ideal untuk perkembangannya adalah 25-30 derajat Celcius. Ingatlah untuk melakukan pembersihan air seperti jarum jam sebelum memasukkan benih ikan


Penanaman Bibit Ikan Nila

Setelah semua penataan telaga disiapkan, tahapan selanjutnya adalah menebar benih ikan dengan batas yang sesuai. Setiap meter persegi diisi dengan 15-30 ekor dengan ukuran 10 gram untuk setiap kilonya. Lakukan perubahan alami terlebih dahulu sebelum dikirim ke air. Intinya untuk membatasi kematian dengan alasan ikan menjadi fokus karena menyimpan banyak benih.


Pemberian Makan Rutin

Perawatan dilakukan setelah 3 hari sejak penanaman benih ikan. Sejak saat itu ikan diizinkan memakan mikroorganisme di dalam air. Selanjutnya, beri makan ikan setiap siang dan malam. Juga, ingatlah untuk memberi nutrisi ikan agar perkembangannya lebih cepat.


Klarifikasi tak habis-habisnya dari kami sehubungan dengan hewan  di danau, idealnya ini sangat berharga dan menunggu untuk komposisi kami selanjutnya.

0 Response to "Begini Cara Budidaya Ikan Nila Dengan Kolam Terpal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel